Batu Bacan

Batu Bacan masih jadi incaran masyarakat dan kolektor untuk dimiliki. Minat tinggi ini dimanfaatkan sejumlah penjual dengan menjajakan batu bacan palsu.

Ahli geologi Heryadi Rahmat mengatakan banyak masyarakat/kolektor batu bacan rela merogoh kocek dalam-dalam hanya karena punya kepercayaan akan ‘khasiat’ batu ini. Namun bila tak paham betul seluk beluk batu bacan ini, pembeli bisa saja tertipu.

“Kalau orang awam hanya melihat batu sepintas, dia tidak tahu itu asli atau tidak,” kata Heryadi saat dihubungi, Selasa (5/8/2014).

Beredarnya batu bacan palsu alias buatan, mau tidak mau membuat kolektor harus jeli ketika membeli batu yang disebut berasal dari Kepulauan Bacan, Maluku Utara. “Cara pertama mengetahui asli tidaknya batu bacan dengan menggoreskan di kaca atau cer

Koleksi batu Bacan  milik Bapak Lesa di Labuha

Koleksi batu Bacan  di Outlet Bulu Pagar

min,” sebut dia.

Bila batu bacan yang digesekkan menimbulkan goresan, maka batu itu asli. “Cara kedua, melihat batu dengan kaca pembesar,” sambungnya.

Batu bacan palsu bila dilihat dengan kaca pembesar atau sorotan lampu senter akan terlihat mulus total. “Sifat bebatuan tidak mungkin mulus bersih, pasti ada guratan. Kalau bikinan pasti mulus,” jelas dia.

Namun dua cara ini lanjut Heryadi tak bisa menjamin ‘verifikasi’ atas keaslian batu bacan sudah teruji. Sebab sejumlah penjual yang memanfaatkan kepopuleran batu bacan, mengelabui kolektor dengan menyodorkan batu buatan.

“Teknologi sekarang sudah canggih, batu bacan palsu bisa dibuat dengan tingkat kekerasan yang sama dengan batu asli. Ada juga teknologi yang bisa membuat adanya goresan di batu bacan sehingga tidak dicurigai sebagai batu palsu,” sambungnya.

Karena itu membedakan batu bacan yang asli dan palsu menjadi susah-susah gampang. “Itu tergantung pembelinya, biasanya yang kolektor sudah paham yang mana asli dan palsu,” ujarnya. bila ada yang berminat bisa langsung datang ke Outlet Batu Bacan terlengkap di kota Labuha atau bisa saja menghubungi pemilik Outlet Bulu pagar dengan Bapak Cipluk  di Labuha dengan contak person 085398956995/081340440666

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: